Modul RPL

Pemanfaatan komputer sebagai sarana untuk mempercepat suatu pekerjaan, saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan utama. Hal ini dapat berlangsung manakala dalam computer tersebut sudah terpasang system operasi dan program aplikasi. Sistem operasi ini dapat diibaratkan sebagai jalan raya tempat kendaraan berlalu-lalang, sedangkan mobil-mobil tersebut adalah program aplikasi pada komputer.

Ada dua macam system operasi, yaitu :
1. Sistem operasi berbasis text.
Perintah-perintah yang digunakan menggunakan text. User harus hafal tentang perintah yang akan digunakan, layer monitor berwarna hitam atau biru.
Contoh system operasi ini antara lain DOS, Linux, dll.

2. Sistem operasi berbasis grafis (GUI : Graphical User Interface)
Perintah yang digunakan cukup menggunakan klik mouse yang disesuaikan dengan posisi kursor. User tidak perlu menghafalkan perintah-perintah yang akan digunakan, karena di layar telah ada icon (simbol) perintah.
Contoh sistem oparasi ini adalah Windows.

Saat ini yang popular di masyarakat adalah system operasi berbasis GUI. Modul ini disusun untuk memberikan pengetahuan dasar tentang pengoperasian komputer personal dengan sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI).
Tidak lupa penulis menghaturkan rasa syukur ke hadirat Ilahi atas tersusunnya modul ini dan menyampaikan terima kasih yang tak terhingga pada berbagai pihak yang telah banyak membantu terbitnya modul ini.
Mengingat ketidaksempurnaan yang ada di sana sini, penulis sangat berterima kasih apabila pembaca dapat memberikan masukan dan saran kepada penulis demi kesempurnaan modul ini di masa yang akan datang... Download lengkap DISINI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar